Cara Instal XAMPP

 

Setelah kita mengenai XAMPP selanjutnya di artikel kali ini kita akan membahas mengenai cara untuk melakukan instalasi XAMPP. Setelah di download silahkan di klik dan di instal

proses awal instalasi xampp

proses awal instalasi xampp

Pada tahap awal di proses penginstalan akan di minta untuk memilih folder yang digunakan, kami sarankan anda menginstal xampp di local disc c. kalau sudah di pilih destination folder berikutnya klik next. Maka akan menjumpai instalasi seperti di bawah ini

proses instalasi tahap ke dua xampp

proses instalasi tahap ke dua xampp

Apabila service section ada yang belum tercentang maka di centang terlebih dahulu karena ini berkaitan dengan fungsi XAMPP nanti yang digunakan dalam proses pembangunan website dinamis. Kalau sudah di centang semua , klik install.

Proses penginstalan sedkit memakan waktu dalam prosesnya. Setelah proses penginstalan berhasil, maka akan terbentuk folder baru XAMPP di localdisk yang dipilih pada tahap awal penginstalan tadi. Proses penginstalan selesai.

Untuk memulai menggunakan XAMPP maka buka terlebih dahulu aplikasi XAMPP melalui desktop, kalau di desktop tidak muncul aplikasi XAMPP maka bisa membuak folder XAMPP yang telah di install dan klik xampp-control.exe untuk membuka aplikasi.

instalasi tahap ke 3 xampp

instalasi tahap ke 3 xampp


Gambar tersebut akan muncul di pojok kanan dari desktop anda. Yang perlu di aktifkan adalah apache, mysql, yang lainnya boleh di aktifkan boleh tidak. Centang svc Apache, klik svc MySQL kemudian dilanjutkan dengan mengklik start pada Apache dan MySQL.

Selanjutnya buka browser anda, kami sarankan memakai Mozilla atau google crome dalam menjaalankan xampp. Ketikkan di bagian url: localhost

instalasi tahap ke 4 xampp

instalasi tahap ke 4 xampp

Kemudian akan muncul interface seperti di atas, Silahkan pilih bahasa yang di inginkan. banyak sekali fitur yang diberikan di dalam XAMPP, untuk memasuki PHP My Admin silahkan klik PhpMyAdmin

instalasi tahap ke 5 xampp

instalasi tahap ke 5 xampp

Didalam interface PHPMyAdmin akan di jumpai database SQL Status, dll. Untuk membuat sebuah database klik database kemudian buat databasenya.

Sampai sini anda sudah bisa menginstal XAMPP di dalam system operasi anda. Artikel berikutnya akan memabahas mengenai bagaimana cara membuat database di dalam phpmyadmin. Semoga artikel ini berguna bagi anda.

instalasi tahap ke 6 xampp

instalasi tahap ke 6 xampp

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

13 + 3 =